Selasa, 30 November 2010

Penduduk

Pertumbuhan penduduk yang makin cepat, mendorogn pertumbuhan aspek – aspek kehidupan yang meliputi aspek sosial, ekonomi, politik, kebudayaan dan sebagainya. Dengan adanya pertumbuhan aspek aspek kehidupan tersebut, maka bertambahlah system mata pencaharian hidup dari homogen menjadi kompleks.

Berbeda dengan makhluk lain, manusia mempunyai kelebihan dalam kehidupannya. Manusia dapat memanfaatkan dan mengembangkan akal budinya. Akibat dari perkembangan kebudayaan ini, telah mengubah cara berpikir manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

b. pertumbuhan penduduk

pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang penting dalam masalah sosial ekonom umumnya dan masalah penduduk khususnya. Karena di samping berpengaruh terhadap jumlah dan komposisi penduduk juga akan berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi suatu daerah atau Negara bahkan dunia

misal: dengan bertambahnya penduduk berarti pula harus bertambah pula persediaan bahan makanan, perumahan, kesempatan kerja, jumlah gedung sekolah dan sebagainya.

Penambahan/pertambahan penduduk di suatu daerah atau negara pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor faktor demografi sebagai berikut :

1. Kematian (mortalitas)

2. Kelahiran (fertilitas)

3. Migrasi

Di dalam pengukuran demografi ketiga faktor tersebut diukur dengan tingkat/rate. Tingkat/rate ialah kejadian dari peristiwa yang menyatukan dalam bentuk perbandingan. Biasanya perbandingan ini dinyatakan dalam tiap 1000 penduduk .

1. Kematian

a. Tingkat kematian kasar (crude death rate/CDR)

b. Tingkat kematian khusus (age specific death rate)

2. Fertilitas (kelahiran hidup)

Pengukuran fertilitas tidak sesederhana dalam pengukuran mortalitas, hal ini disebabkan adanya alas an sebagai berikut :

a. Sulit memperoleh angka statistik lahir hidup karena banyak bayi bayi yag meninggal beberapa saat setelah kelahiran, tidak dicatatkan dalam peristiwa kelahiran atau kematian dan sering dicatatkan sebagai lahir mati.

b. Wanita mempunyai kemungkinan melahirkan dari seorang anak (tetapi meninggal hanya sekali)

c. Makin tua umur wanita tidaklah berarti bahwa kemungkinan mempunyai anak makin menurun

d. Di dalam pengukuran fertilitas akan melibatkan satu orang saja.

3. Migrasi

Aspek dinamis kehidupan kelompok dalam ruang ialaha gerakan penduduk yang dinamai migrasi. Selain migrasi ada istilah lain tentang dinamika penduduk yaitu mobilitas. Pengertian mobilitas lebih luas daripada migrasi, sebab mobilitas mencakup perpindahan territorial secara permanen dan sementara. Sedangkan migrasi biladikaitkan dengan unsure waktu di tempat yang baru misalnya minimal 6 bulan atau satu tahun. Sedangkan bagi mereka yang pernah pindah tempat tinggal kurang dari batas waktu tersebut disebut melakukan mobilitas sirkuler

Dengan adanya intervening obstacles (rintangan antara) maka timbul dua proses migrasi yakni :

1. Migrasi bertahap

2. Migrasi langsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar