Senin, 14 April 2014

Mengapa kita dianjurkan memakai open source?

Mengapa kita seringkali diarahkan untuk memakai program open source? Jawabannya mudah, karena secara tidak langsung kita diarahkan untuk menggunakan program pada tempatnya. Harus diakui secara pasti, pembajakan dewasa ini bukan lagi hal yang tabu, hampir semua orang memiliki program bajakan di dalam computer nya masing masing, baik dengan sepengetahuan ataupun tanpa disadari.

Program bajakan ini memiliki sangat banyak efek buruk, bukan hanya menimpa para pengembang ataupun pembuat, namun juga berisiko kepada moral masing masing dari individu. Dengan semakin seringnya menggunakan program bajakan, masyarakat akan merasa terbiasa, dan pada akhirnya tidak peduli lagi mengenai pembajakan ini. Hal yang sebenernya sangat amat buruk.

Dari alasan di atas, seharusnya kita sudah dapat menyimpulkan kenapa kita seringkali diarahkan untuk menggunakan program open source. Open source adalah program gratis, tidak berbayar, dan dapat dipergunakan oleh umum. Pengembang pada hal ini memiliki strategi sendiri untuk mendapatkan donasi untuk membantu pengembangan programnya, tanpa harus menjual program tersebut. Biasanya mereka mendapat bantuan dana segar dari para dermawan, dan investor. Belum lagi berbagai iklan yang biasanya hinggap dalam program – program open source.

Mulai sekarang ini seharusnya kita sudah menanamkan pada diri kita, mencoba sadar, dan membuat langkah baru untuk mulai mengurangi dan menghentikan pembajakan. Kita harus tahu mana porsi yang memang pantas kita dapatkan, bukan dengan cara serakah dan menghalalkan segala cara untuk kesenangan pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar