Selasa, 22 Februari 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang manusia dan cinta kasih. Saya rasa kita semua sudah tau, bahwa manusia terlahir sebagai makhluk social. Apa itu makhluk social? Makhluk social adalah dimana manusia ditakdirkan untuk hidup bersama, berdampingan, dan saling membantu. Manusia tidak ditakdirkan untuk hidup individu. Manusia hidup bersama sama di bumi ini. Diciptakan oleh tuhan yang maha satu walaupun disembah dengan berbagai nama.

Lalu apa yang dimaksud dengan cinta kasih? Adakah hubungan cinta kasih dengan kehidupan manusia? Jawabannya adalah “tentu ada!”. Manusia ditakdirkan untuk bersama dan berdampingan, apakah anda pernah berpikir apa yang membuat manusia mau hidup berdampingan dan bersamaan dengan manusia lainnya? Apa yang membuat manusia mengenal apa itu pernikahan? Darimana bayi bayi mungil tidak berdosa itu lahir yang pada suatu saat nanti akan menjadi penerus manusia manusia yang telah mati? Ya, disitulah fungsi cinta dan kasih terletak.

Cinta dan kasih lah yang membuat manusia hidup berdampingan, cinta dan kasih juga lah yang membuat adanya sebuah pernikahan. Pernikahan tidak akan terjadi tanpa adanya 2 individu manusia yang saling mencintai dan mengasihi bukan? Karena saya sendiri belum pernah mendengar orang yang menikahi dirinya sendiri. Cinta dan kasih membuat manusia hidup dalam kedamaian dan ketenangan, karena dengan hidup saling mencintai, tidak aka nada peperangan yang tidak jelas apa yang dibanggakan dari peperangan itu sendiri. Kita sama sama manusia, lalu untuk apa kita saling membunuh sesame manusia? Punya hak apa manusia atas nyawa manusia lainnya? Manusia diciptakan oleh tuhan, maka tidak sepantasnya manusia membinasakan manusia.

Mari kita jaga rasa cinta dan kasih dalam hati kita masing-masing, buat kehidupan ini indah, karena sudah terlalu banyak kericuhan, ketidaknyamanan, serta ketidakpedulian antara sesame manusia. Jalani kehidupan yang benar, demi kehidupan yang lebih baik, dari kita untuk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar