Kamis, 03 Oktober 2013

Tugas Satu


I. Definisi Telematika


   Telematika mungkin bukan kata yang asing bagi masyarakat saat ini. Terlebih ada seorang pakar telematika yang kini menjadi menpora yang sering kali berkutat dan muncul di berbagai televisi dengan pembicaraan seputar telematika, beliau bernama Roy Suryo. Jika dilihat dari sejarahnya, telematika merupakan bahasa serapan yang sebenarnya berasal dari perancis, yaitu "Telematique". Telematika ini sendiri memiliki arti yang singkatnya adalah bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan sistem informasi.

  Para praktisi sepakat mengatakan bahwa telematika merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology). Seiring berkembangnya zaman, telematika kini sering dipakai dalam berbagai bidang, diantaranya :

1. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai teknologi komunikasi dan informatika atau ICT ( Infromation and Communication Technology ). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan ionformasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
2. Teknologi sitem navigasi / penempatan global atau GPS ( Global Positioning System ) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah ( mobile commmunication technology ).
3. Bidang kendaraan dan lalulintas ( road vehicle dan vehicle telematics ).

II. Perkembangan Telematika

  Perkembangan telematika di indonesia berkembang cukup pesat. Namun bukan berarti tanpa halangan. Perkembangan tersebut sempat terhambat dalam perjalanannya ketika masa pra satellite yaitu di bidang telepon dan radio. Dapat kita ingat dalam ingatan dari sejarah bangsa Indonesia, dimana kita menyiarkan kemerdekaan bangsa ini hanya bermodal alat seadanya kala itu.

  Hambatan selanjutnya juga dikarenakan kurangnya minat pemerintah dalam pengembangan teknologi komunikasi sendiri. Para ilmuwan dan pekerja tidak mendapatkan suntikan dana yang cukup dalam pengembangannya sehingga perkembangan yang kita dapatkan pun tidak cukup maksimal.

  Setelah zaman radio, kita berlanjut ke era televisi. Dimana siaran pertama kali terjadi pada 17 Agustus 1962 yang menyiarkan upacara peringatan kemerdekaan RI dari Istana Negara. Stasiun televisi pertama itulah yang kini kita kenal dengan nama TVRI.
  
  Selanjutnya adalah masa satelit, dimana kita pertama kali meluncurkan satelit palapa. Diikuti dengan satelit nusantara 21 dan lain nya. Dimana semua itu berimbas dalam pengembangan telematika yang mencakup tiga hal, yaitu infrastruktur, aplikasi dan sumber daya.

  Saat ini Indonesia sedang dalam masa era robotic. Masyarakat banyak berlomba lomba menciptakan robot yang menyerupai manusia ataupun sekedar robot penyalur hobi.

  Perkembangan telematika tidak berhenti sampai disitu, masih ada perkembangan wireless. Dimana sekarang ini kita mampu mengkomunikasikan dan menghubungkan gadget kita dengan jaringan tanpa menggunakan kabel apapun. Semua perkembangan tersebut semakin memudahkan manusia dalam penggunaan telekomunikasi.


III. Trend Ke Depan

  Perkembangan telematika di Indonesia masih sangat luas dan panjang. Dalam hal konektivitas handphone Indonesia tertinggal dalam hal jaringan LTE (Long Term Evolution), dimana negara-negara maju sudah mulai menerapkannya sedangkan kita masih terjebak dengan 2G dan jaringan 3G yang masih belum merata sampai saat ini.

  Jika dilihat perkembangannya dalam dunia hardware smartphone, telematika kini sudah sangat maju, dimana smartphone kini menggunakan processor hingga octacore dan dengan dukungan RAM hingga 3GB, yang bahkan sekilas melebihi kapasitas sebuah laptop.

  Dari sisi dunia maya (internet) kita juga cukup merasakan kemudahan yang dihasilkan, sebagai contoh kini ketika kita dalam  posisi bingung dengan sebuah pertanyaan, kita bisa mencari jawabannya di Google, Yahoo ataupun Bing, semua itu dikategorikan dalam aplikasi search engine. Dimana sangat membantu mencari informasi yang kita butuhkan.

  Penulis cukup puas dan senang dengan perkembangan telematika di indonesia, meski dalam beberapa aspek kita tertinggal dengan negara tetangga. dengan segenap doa, penulis berharap Indonesia mampu berkembang lebih jauh lagi dan jauh melampaui teknologi yang ada sekarang ini.
  

sumber:
http://johan-ku.blogspot.com/
http://code86.wordpress.com/2009/10/09/definisi-telematika-perkembangan-telematika-dan-trend-ke-depan-telematika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar