Selasa, 29 Maret 2011

Katedral

Pembangunan katedral diprakarsai oleh Ivan si “Kejam” dan dibangun antara tahun 1555 dan 1561 di Moscow, Rusia untuk memperingati direbutnya Kekhanaan Kazan. Pada tahun 1588, Tsar Vedor Ivanovich menambahkan kapel di sisi timur di atas kuburan Vassily Blazhenny (Basil), seorang Santo yang dijadikan sebagai nama katedral ini.

Konsep awal katedral ini adalah sebuah kumpulan kapel, masing-masing dipersembahkan kepada setiap santo yang hari pestanya jatuh pada saat Tsar menang dalam suatu pertempuran. Namun pembangunan sebuah menara tunggal mempersatukan ruang-ruang ini menjadi satu katedral. Menurut legenda, Ivan memerintahkan agar sang arsitek, Postnik Yakovlev, dijadikan buta agar ia tidak membangun bangunan yang lebih indah untuk orang lain.



Di atas adalah sedikit cerita tentang sebuah bangunan yang dipergunakan sebagai tempat ibadah (do’a) untuk pemeluk agamanya. Katedral merupakan bangunan yang hampir semua orang tau tentangnya. Katedral seolah olah menjadi icon untuk tempat ibadah bagi umat Kristen. Berbeda dengan umat islam dimana masjid Istiqlal lah yang menjadi icon tempat ibadah. saya tidak dapat menjelaskan lebih rinci tentang katedral ini, karena saya sendiri sebagai penulis, belum pernah memasukinya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar